Monday 25 July 2011

Hel

Hel merupakan Dewi kematian penguasa underworld, hel merupakan putri bungsu dari Loki dan Angerboda. saat masih kecil Hel dibuang odin ke niflheim, dunia kegelapan dan kematian, untuk menjadi penguasa atas roh-roh jahat dan penasaran yang mati karena penyakit, perang dan usia.

Hel tinggal di istana yang dikenal dengan nama Eljudnir, di istana ini dia "menghibur" para roh, meja makannya bernama Hunger (lapar dan haus), pisaunya bernama Starvation (kelaparan), tempat tidurnya bernama Sickness (penyakit) dan dekorasi istananya bernama Misfortune (kemalangan) dan dilayani 2 pelayan GANGLATI dan GANGALOT

dalam mitology nordik, dipercaya jika wabah penyakit dan kelaparan sedang melanda, berarti Hel sedang meninggalkan niflheim dan mengunjungi midgard dengan kuda putihnya yang berkaki tiga untuk mengambil yang masih hidup dan membawa mereka turun ke niflheim

walaupun para dewa memandang remeh dia, tapi hel mempunyai kekuasaan yang bahkan melebihi odin, jika seseorang sudah dalam kekuasaannya (maksudnya sudah mati dan rohnya turun kedalam niflheim), tidak seorang pun bahkan odin dapat membawa atau membangkitkan roh tersebut tanpa seijin Hel

dikisahkan pada cerita dewa Balder yang tewas terbunuh dan rohnya turun ke Niflheim, Hel menolak untuk memberikan rohnya kepada para dewa, akhirnya para dewa mengirim dewa hermod untuk berunding dengan Hel, dewa-dewa norse mengadakan penawaran dengan Hel. 

Hel kemudian berjanji akan melepas jiwa Balder dan menghidupkannya kembali apabila seluruh makhluk hidup berkabung (meneteskan air mata) untuknya, tanpa kecuali, untuk membuktikan bahwa Balder adalah dewa yang disayangi semua mahluk hidup.

Hel mengetahui bahwa ada satu makhluk Jotun perempuan, Thokk, mempunyai hati yang sangat dingin. Raksasa tersebut tidak pernah dan tidak akan pernah berkabung untuk siapapun. Dan begitulah kenyataannya. Seluruh makhluk hidup berkabung untuk Balder, dewa norse yang paling mereka cintai, kecuali Thokk. Dengan demikian, jiwa Balder selamanya akan tetap tinggal di Niflheim, alam kematian, selama Thokk masih hidup.

Niflheim
dunia tempat para roh-roh orang yang telah meninggal tinggal, dunia ini digambarkan dengan hamparan es dengan ditutup kabut dingin yang menusuk dan malam yang tak pernah berakhir. 

Niflheim mempunyai mata air yang sangat beracun yaitu Hvergelmir, dimana dari sana mengalir 11 sungai es Elivagir, yang berakhir di jurang besar Ginungagap dan membeku disana. Hvergelmir merupakan tempat tinggal dari iblis Naga nidhogg bersama dengan ular yang tak terhingga jumlahnya, disana nidhogg menggigit akar yggdrasil, dikatakan jika tanda dimulai ragnarok adalah ketika nidhogg berhasil menggigit akar yggdrasil hingga habis.


setelah para dewa menciptakan midgard, para dewa membuat atau lebih tepatnya mendorong niflheim jauh kedalam tanah dibawah salah satu akar yggdrasil, agar dinginnya niflheim tidak membekukan midgard, pada saat ragnarok, hanya niflheim, satu-satunya dunia yang selamat dari api surt yang membakar habis 8 dunia lain. 
Garm
Hel mempunyai anjing penjaga yang sangat "imut" yang dikenal dengan nama garm. Garm digambarkan sebagai anjing yang mempunyai empat mata dan dada yang basah dengan darah orang mati, garm mempunyai tugas unutk menjaga pintu gerbang istana Hel (disamakan dengan cerberus), dalam mitology Nordik dipercaya bahwa garm dapat ditenangkan dengan kue hel yang diberikan kepada orang yang telah memberikan roti kepada orang miskin 
Pada hari Ragnarok, Garm akan bergabung dengan raksasa dalam perjuangan mereka melawan para dewa. Dewa perang Tyr dan Garm akan saling membunuh, Tyr akan membunuh Garm namun, Tyr akan mati dari luka-luka yang ditimbulkan oleh anjing tersebut.

No comments:

Post a Comment