Monday 25 July 2011

Jormungandr

Jormungandr atau lebih dikenal dengan nama Jormungand adalah ular laut yang merupakan anak Kedua dari raksasa Angrboda dan dewa Loki. Saat ia masih kecil, Jormungand dibuang pada lautan luas yang mengelilingi Midgard. oleh para dewa karena menurut ramalan, Jormungandr merupakan salah satu Iblis yang akan menghancurkan mereka.

Sang ular tumbuh sangat besar, sampai akhirnya cukup panjang untuk melilit bumi dan harus menggigit ekornya sendiri. Ketika ia melepaskan ekornya maka dunia akan berakhir. Karena sebab itu ia mendapatkan nama lain yaitu ular Midgard (Midgard Serpent/Midgardsormr) atau ular dunia. Musuh abadi Jormungand adalah Thor.

nah nanti pada saat datangnya ragnarok, jormungandr akan bangkit mendengar panggilan ayahnya, dan akan naik ke permukaan, yg menyebabkan badai2 dan tsunami. pas hari H, dia akan melawan thor, dewa petir, di mana thor akan membunuh jormungandr dengan palu mjollnir namun thor kemudian mati akibat bisa jormungandr.


Thor dan Jormungand
Sebagai musuh abadi, Thor dan Jormungad bertemu beberapa kali sepanjang hidupnya. 3 pertemuan yang masih tercatat antara lain.

Mengangkat kucing
Thor bertemu dengan Jormungand, yang disamarkan dalam bentuk kucing raksasa oleh raja para raksasa Útgard-Loki (Loki of the Outyard, bukan Loki dewa Norse). Salah satu tugas Thor yang diberikan oleh Utgard Loki adalah untuk mengangkat kucing tersebut; walaupun ia tidak mampu mengangkat mahluk monster seperti Jormungand; ia mampu mengangkatnya hingga salah satu kakinya terangkat dari tanah.

Perjalanan memancing Thor
Pertemuan lainnya terjadi ketika Thor memancing bersama raksasa Hymir. Ketika Hymir tidak mau memberikan umpan pada Thor, Thor menghajar kepala sapi terbesar milik Hymir untuk dijadikan umpan. Mereka berlayar hingga tempat dimana Hymir biasa memancing, dimana ia menangkap 2 ikan paus. Thor memaksa untuk menuju perairan yang lebih dalam, dan melakukannya walau Hymir memperingatkannya.

Thor lalu menyiapkan tali pancing yang kuat dengan kail yang besar, dimana Jormungand menggigitnya. Thor menarik sang ular dari air, dimana keduanya berhadapan. Hymir menjadi pucat karena takut, dan ketika Thor mengambil palunya untuk menghantam sang ular, raksasa itu memotong tali pancingnya, meninggalkan sang ular untuk menyelam kembali di bawah ombak.

pertemuan terakhir tentunya sewaktu pertempuran Ragnarok dimana mereka saling membunuh.

No comments:

Post a Comment