Monday 25 July 2011

Makhluk Ajaib

1. The Disir
Merupakan karakter dengan status yang lebih rendah di mitologi Norse. Mereka berhubungan dengan kesuburan dan bertugas untuk menjaga rumah dan pertanian. Mereka juga membantu wanita di dalam persalinannya. Kata disir berarti divine ladies atau dewi tetapi mereka lebih rendah dari Asyniur. Freyja dikenal sebagai Vanadis, yang berarti “dis para Vanir”. Di sajak Islandia, Sigrdrifumal (”Lay of Sigrdrifa”, yang menjadi bagian dari Poetic Edda), valkyrie Sigrdrifa yang dikenal juga dengan nama Brynhild mengetahui sebuah mantra yang disebut rune penolong:

Helping-runes you must know if you want to assist
and release children from women;
they shall be cut on the palms and clasped on the joints,
and then the dísir asked for help.

Sigrdrifumal 9, from Poetic Edda
translated by Carolyne Larrington

Perayaan tahunan untuk menghormati disir dilakukan pada akhir musim gugur di awal musim dingin, disebut disablót (”Sacrifice of the Dísir”) atau disfest (”Feast of the Dísir”). Mereka juga kemungkinan karakter perempuan yang disebutkan di mantra pertama dari jimat Merseburg, sebagai idisi.

2. Fylgjur
Roh pelindung berwujud perempuan yang akan bergabung dengan diri seseorang pada hari kelahirannya dan akan bersama terus dengan orang tersebut sampai pada hari kematiannya. Jika orang tersebut meninggal, Fylgjur akan pindah ke orang lain dalam satu keluarga. 

Fylgjur mempunyai wujud manusia atau binatang namun Dipercaya jika mereka tidak bisa dilihat, kecuali jika orang yang mereka lindungi berada dalam bahaya. Mereka biasanya muncul di dalam mimpi. jika Fylgjur muncul ketika seseorang terbangung, maka itu pertanda kematiannya

Fylgjur berarti “fetches(?)”. Fetches sangat terkenal di folklore Jerman dan terkadang digunakan di dalam novel horor. Arti lain untuk fetches adalah hantu (”wraiths”) dan doppelgängers (karena Fylgjur terkadang muncul dalam wujud kembaran seseorang, sebelum orang tersebut meninggal) .

3. Landvaettir
merupakan roh ayng melindungi kesuburan tanah, menurut mitology LandVaettir menempati suatu kawasan secara berkelompok, mereka tidak terlihat oleh manusia kecuali jika seseorang melihat sangat dekat dengan penerangan yang cukup dan tempat yang tempat. ada suatu hukum di iceland yang melarang mengunakan kapal dengan ujungkapal berbentuk kepala naga, karena dianggap akan menakuti para LandVaettir, mungkin mereka lebih mirip kepada Elves tapi dalam ukuran yang mini.

4. Draugar
Sosok hantu atau mayat hidup (zombie). Mereka sebenarnya bukan hantu pada umumnya. Mereka hanya orang mati yang kebetulan bisa berjalan lagi. Tempat tinggal mereka biasanya di gundukan tanah pemakaman. Tidak seperti Fylgjur, mereka lebih dibenci, seperti wabah penyakit. Mereka terkadang dikatakan memiliki tatapan mata menyala yang menyedihkan. Sosok mereka terlihat membengkak dan berbau busuk. 

Terkadang mereka terlihat tidak berbahaya, mereka lebih memilih menghantui tempat yang mereka gunakan untuk tinggal. Di lain waktu, mereka bisa lebih serius dalam mencelakai mahluk hidup. Mereka akan menyerang orang atau hewan yang mendekati gundukan mereka, tepatnya pada pertengahan musim dingin. Satu-satunya cara untuk membunuh sesuatu yang sudah mati adalah memenggal kepalanya dan meletakkan kepala itu di bokongnya sendiri, sebelum mengkremasi mayat tersebut.

No comments:

Post a Comment