Monday 25 July 2011

Völsunga Saga (7)

Sigurd pun melanjutkan perjalanan ke utara menuju kerajaan Burgundy yang diperintah oleh raja GJUKI, dan ratu GRIMHILD (seorang penyihir). mereka mempunyai 3 anak laki-laki yaitu, GUNNAR, HOGINI, GUTTROM, dan seorang anak perempuan yang cantik yaitu GUDRUN

GUDRUN pernah bermimpi mengenai sigurd, yang disimbolkan dengan elang, merupakan pahlawan yang akan dicintai dan nikahi tetapi akan mati ditangan saudaranya dan Brynhild. Gudrun juga bermimpi tentang suami keduanya ATLI yang merupakan saudara laki-laki dari Brynhildr. ATLI disimbolkan dengan serigala yang pada akhirnya akan membunuh para saudara laki-laki Gudrun.

Ketika Sigurd tiba di kerajaan Burgundy, tanpa basa-basi Gudrun pun langsung jatuh cinta pada pandangan pertama, tapi sigurd masih cinta sama Brynhildr. Gudrun lalu merengek kepada ibunya, Grimhild akhirnya membuatkan suatu ramuan agar sigurd melupakan Brynhildr dan jatuh cinta pada Gudrun.

singkat cerita, sigurd yang telah kena jampi-jampi pun akhirnya menikahi Gudrun. mereka mempunyai anak bernama Sigmund (dinamai sesuai dengan nama ayah sigurd) dan seorang putri bernama SVANHILD. Sigurd juga membantu keluarga kerajaan Burgundy memenangkan banyak perang.

setelah ayahnya mangkat, Gunnar naik tahta menjadi raja, Grimhild menasehati anaknya untuk cepat-cepat mencari istri dan ia merekomendasikan Brynhildr. Gunnar setuju dan ia berangkat bersama sigurd untuk membebaskan Brynhildr. tapi masalahnya cuman satu Gunnar tidak punya ilmu kebal kayak sigurd.

sang ibu pun kembali membantu dengan ramuannya ia menyamarkan Sigurd sebagai Gunnar. dan lagi Sigurd menyelamatkan kembali sang putri tidur Brynhildr. Brynhildr kecewa karena yang menyelamatkannya bukan sigurd (yang keliatannya Gunnar). akhirnya Brynhildr setuju untuk menikah dengan Gunnar. Sigurd menukar Nibelung ring dengan cincin dari gunnar.

setibanya di istana, sigurd kembali ke wujud asalnya. ironisnya ketika pernikahan gunnar dan Brynhidr. efek dari ramuan cinta Grimhild pun habis dan sigurd kembali mengingat tentang janjinya kepada brynhildr dan ia tidak dapat berbuat apa-apa mengenai ini, ia hanya bisa melihat Brynhildr menikah dengan gunnar.

Sigurd dengan berat hati kembali kepada Gudrun. dan memberikanya nibelung ring, yang akan membawa petaka dalam keluarga tersebut.

No comments:

Post a Comment