Monday 25 July 2011

Skoll and Hatii

skoll dan hatii merupakan anak dari serigala raksasa Fenrir, dikatakan dalam mitologi skoll dan Hatii akan mengejar matahari dan bulan sampai ragnarok tiba, jika Skoll dan Hatii berhasil menerkam matahari dan Bulan maka itulah salah satu pertanda Ragnarok dimulai, 
Skoll merupakan serigala yang Lahir di Ironwood, tugasnya adalah mengejar sang Matahari, sedangkan Hatii dikenal juga dengan nama Managram mempunyai tugas untuk mengejar sang bulan

cerita mengenai skoll dan hatii terkait dengan penciptaan Matahari dan Bulan, selanjutnya mengenai penciptaan Matahari dan Bulan. Menurut mitology Nordik, para dewa menciptakan matahari dan bulan serta menaruh keduanya di kereta kuda dan dikendarai oleh Sol dan Mani. 
Sol 
sol merupakan penarik kereta kuda pembawa Matahari, dikatakan bahwa sol adalah putri dari manusia yang bernama MUNDILFARI dan saudara perempuan dari mani, para dewa menculik mereka ketika masih kecil atau masih remaja, lalu mereka memperkerjakan sol di asgard untuk mengemudikan kereta kuda pembawa matahari di langit, 

sol diberi dua kuda penarik kereta yaitu ARVAKR dan ALSVID. unutk melindungi sol dan kudanya dari terbakarnya mereka karena terlalu dekat dengan matahari, para dewa menaruh sebuah tameng SVALIN diantara mereka dengan matahari. 

Mani
Mani yang merupakan saudara laki-laki dari sol, juga diculik ketika masih kecil dan dipekerjakan oleh para dewa sebagai Pengemudi kereta kuda pembawa bulan. mani diberikan seekor Kuda untuk menarik bulan yang bernama ALDSVIDER untuk membantunya, Mani menculik 2 anak kecil dari midgard (kayaknya trauma diculik nih orang) bernama BIL dan YUKI.

dikatakan bahwa setiap bulannya Hatii akan dapat mengigit bulan sedikit tetapi bulan dapat melarikan diri dan tumbuh kembali (kalo kita menyebutnya bulan sabit).

sol dan mani tidak akan bisa berhenti atu beristirahat dalam membawa matahari dan bulan karena mereka akan selalu dikejar aoleh Skoll dan Hatii hingga akhir dunia (Ragnarok), inilah mengapa matahari dan bulan berganti menghiasi siang dan malam.

No comments:

Post a Comment