Monday 25 July 2011

Völsunga Saga (3)

Sigmund kembali ke tanah airnya (Hunland) bersama Sinfjotli. Di sana Sigmund harus terlebih dahulu mengalahkan raja yang memerintah semenjak kematian Volsung. Setelah itu Sigmund menjadi raja di sana. 

Sigmund menikahi Borghild dan memiliki anak bernama Helgi dan Hamund.

Borghild cemburu pada Sinfjotli yang merupakan anak tirinya, dan dia pun berniat membunuh Sinfjotli. Borgchild memberi tiga gelas anggur beracun pada Sinfjotli. Sinfjotli pada awalnya curiga pada ibu tirinya. Namun Sigmund meminum dua gelas pertama dan tetap hidup (karena Sigmund sudah kebal terhadap racun). Sinfjotli, yang tidak lagi curiga, akhirnya meminum gelas ketiga dan mati.

Akibat perbuatannya itu, Borghild diusir dari Hunland.

Sigmund membawa jenazah Sinfjotli ke sungai. Di fjord dia melihat sebuah perahu beserta pendayungnya. Namun perahu tersebut hanya cukup untuk satu orang sehingga Sigmund memberikan jenazah anaknya untuk diseberangkan lebih dulu. Di tengah-tengah sungai tiba-tiba perahu yang membawa mayat Sinfjotli menghilang. Ternyata itu adalah Odin yang sedang menyamar dan dia membawa Sinfjotli menuju valhalla.

Sigmund lalu melamar perempuan lain yang bernama Hjordis (Sisibe atau Sieglind), putri raja Eylimi. Sigmund bersaing dengan raja-raja lain yang lebih muda namun akhirnya dialah yang berhasil mendapatkan Hiordis.

Raja Lyngi, salah seorang pelamar, tidak rela atas keputusan itu dan kemudian menyerang kerajaan Sigmund. Menurut takdir, Sigmund haruslah mati pada hari itu, PADAHAL Sigmund tidak bisa dikalahkan atau terluka selama dia masih memegang pedang Balmung. Maka, untuk melaksanakan takdir, Odin sendiri yang turun tangan.

Odin menyamar dan memasuki arena pertempuran sambil membawa Gungnir, tombak tak terlihatnya. Sigmund melihat Odin dan langsung menyerangnya. Namun Balmung ternyata bukanlah tandingan Gungnir. Pedang itu patah menjadi dua setelah beradu dengan Gungnir.

Tanpa Balmung, Sigmund pun dikalahkan. Sebelum menemui ajalnya, Sigmund memberikan potongan Balmung pada istrinya yang sedang hamil.

Seusai pertempuran, Lyngi mencari Hiordis, namun istri Sigmund itu telah lebih dulu kabur pada raja Alf. Hiordis akhirnya melahirkan Sigur.

No comments:

Post a Comment